Doa Bersama Warnai Awal Tahun Ajaran Baru di Pondok Pesantren Fathul Hidayah

Fathul Hidayah, Senin, 14 Juli 2025 —

Pondok Pesantren Fathul Hidayah mengawali tahun ajaran 2025/2026 dengan kegiatan doa bersama yang diikuti seluruh santri dan dewan asatidz pada Senin pagi (14/7). Kegiatan berlangsung khidmat di Musholla Putra pesantren.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan pembacaan surat Yasin oleh Agus Ubab Mi’roji, dilanjutkan dengan pembacaan istighosah yang dipimpin langsung oleh pengasuh pondok, Kyai Labiq Muzayyan.

Dalam sambutannya, Kyai Labiq menekankan pentingnya memulai segala hal dengan doa dan niat yang lurus, terutama dalam menuntut ilmu. “Semoga seluruh santri diberi krasan (betah) dan ilmu yang didapat menjadi berkah dan bermanfaat,” ujarnya.

Kegiatan doa bersama ini merupakan agenda tahunan yang rutin digelar setiap awal tahun ajaran. Selain sebagai bentuk permohonan keberkahan, acara ini juga bertujuan menumbuhkan kesadaran spiritual serta mempererat silaturahmi antarelemen pesantren.

Doa bersama ini bukan sekadar ritual pembuka, melainkan bagian dari tradisi yang telah mengakar di Fathul Hidayah. Kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap awal tahun ajaran sebagai bentuk ikhtiar batin untuk mengawali proses belajar mengajar dengan hati yang bersih dan penuh tawakal.

Tak hanya memperkuat hubungan spiritual antara santri dan Allah, kegiatan ini juga merekatkan ikatan antarsantri dan pengasuh. Dalam suasana yang penuh kekhusyukan, terlihat wajah-wajah yang tenang namun penuh harapan — pertanda kesiapan mereka menapaki hari-hari pembelajaran ke depan.

Pondok Pesantren Fathul Hidayah terus berkomitmen mencetak generasi yang tidak hanya unggul dalam aspek akademik, tetapi juga kuat secara spiritual dan berakhlak mulia. Melalui kegiatan seperti doa bersama, nilai-nilai keikhlasan, kebersamaan, dan tawakal ditanamkan sejak dini.

Dengan semangat yang dibingkai oleh doa, para santri kini bersiap melangkah, menyambut hari-hari penuh ilmu, tantangan, dan pembentukan karakter di bawah naungan ridha Ilahi.