A. LINGKUNGAN MADRASAH
Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah Pangean terletak di desa Pangean Kecamatan Maduran
±38 Km dari pusat ibukota Kabupaten Lamongan. Berada pada lingkungan pedesaan. Input murid yang masuk ke MTs Fathul Hidayah berasal dari kecamatan dan kabupaten yang ada disekitar lokasi Madrasah dengan karakteristik murid yang heterogen baik lulusan MI maupun SD . Dengan jumlah sekolah dasar yang banyak itu merupakan faktor yang amat berpengaruh pada perkembangan madrasah terlebih lagi MTs Fathul Hidayah berada di bawah naugan pondok pesantren Fathul Hidayah.
Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah Pangean didirikan oleh Pengurus Pondok Pesantren atas usul dan dorongan tokoh masyarakat desa Pangean dalam rapat bersama pada tanggal 21 Pebruari 1994. Dan telah tercatat di Departemen Agama Propinsi Jawa Timur pada tanggal 09 Juni 1995. Kemudian pada tanggal 14 Januari 1999 mendapat piagam sebagai Madrasah Tsanawiyah Swasta dengan status Diakui di lingkungan Departemen Agama Propinsi Jawa Timur dengan Nomor Statistik Madrasah : 212 35 24 19 139. serta sertifikat Nomor Identitas Sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lamongan dengan Nomor : 211490. diterbitkan pada tanggal 03 Januari 2002 .
Pada tanggal 29 April 2005 melalui surat keputusan Departemen Agama Propinsi Jawa Timur Nomor : B / Kw.13.4 / MTs / 409 / 2005, MTs Fathul Hidayah Pangean meningkat statusnya sebagai Madrasah Terakreditasi B ( Baik ).
Di tahun 2009 dan 2015 melalui surat keputusan Depdiknas RI Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-S/M), MTs Fathul Hidayah Pangean meningkat statusnya sebagai Madrasah Terakreditasi A.
Kemudian Pada tanggal 15 Desember 2020 melalui surat keputusan Depdiknas RI Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-S/M) SK.BAP-S/M Nomor: 1334/BAN-SM/SK/2020
, MTs Fathul Hidayah Pangean bisa mempertahankan status sebagai Madrasah Terakreditasi A bahkan nilainya meningkat menjadi 91.
Dalam upaya mengembangkan kemampuan peserta didik dan pendidik di MTs Fathul Hidayah Pangean berpegang pada azas keseimbangan antara kreativitas dan disiplin, antara persaingan dan
kerjasama serta antara tuntutan dan prakarsa.
B. VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
- Visi Madrasah
TERWUJUDNYA LULUSAN YANG BERAKHLAQUL KARIMAH, UNGGUL DALAM PRESTASI, DAN BERWAWASAN GLOBAL
Indikator Visi
- Unggul Dalam Pembinaan Internalisasi Dan Pengamalan Nilai Dan Ajaran Islam Dalam Iman-Amal Dan Akhlak Mulia
- Unggul Dalam Kejujuran, Kasih Sayang, Disiplin, Dan Tanggung Jawab
- Unggul Dalam Penguasaan IPTEK Tingkat Dasar
- Unggul Dalam Perolehan Prestasi Lomba Akademik
- Unggul Dalam Perolehan Prestasi Non Akademik Dalam Lomba Olah Raga Dan Seni
- Unggul Dalam Perolehan Prestasi Lomba UKS, PMR, Dan Pramuka
- Unggul Dalam Penguasaan Kecakapan Hidup (Life Skill)
- Unggul Dalam Pemberian Pelayanaan Pendidikan Yang Bermutu
- Unggul Dalam Memperoleh Kepercayaan Dan Kepuasaan Masyarakat (Stakeholderst)
- Unggul Dalam Merespon terhadap kepedulian sosial
2. Misi Madrasah
- Melaksanakan pembelajaran dan pembiasan dalam menjalankan Ajaran Agama Islam secara utuh.
- Melaksanakan Pembelajaran dan Pembimbingan secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
- Menyelenggarakan Tata Kelola Madrasah yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
- Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.
- Menumbuhkembangkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah.
- Pembinaan dan pemberdayaan Organisasi IPNU/ IPPNU/ OSPPFH sebagai wahana kaderisasi dan regenerisasi.
- Menumbuhkembangkan kesadaran orang tua, masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan meningkatkan kualitas serta pertisipasi dalam pendidikan.
3. Tujuan Madrasah Dalam 5 Tahun Ke Depan
- Mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan Imtaq dan Iptek sehingga unggul akan prestasi serta berwawasan kebangsaan
- Menghasilkan pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan memiliki sertifikasi sesuai dengan bidangnya masing-masing
- Menghasilkan pencapaian standar sarana prasarana sesuai dengan standar nasional pendidikan
- Menghasilkan manajemen pengelolahan madrasah yang partisipatif dan akuntabel sesuai dengan ketentuan standar nasional pendidikan
- Memenuhi sistem penilaian sesuai dengan standar nasional pendidikan
- Memiliki sambungan internet dan sistem informasi dan manajemen (SIM) yang handal
- Menghasilkan berbagai macam strategi untuk penggalangan dana melalui komite Madrasah
4. Tujuan madrasah dalam 1 (satu) tahun ke depan
Pada akhir tahun pelajaran 2020/2021 madrasah dapat :
- Mewujudkan kehidupan berbudaya yang agamis dengan ditandai dengan perilaku sholeh, ikhlas, tawadhu’, kreatif dan mandiri
- Mengoptimalkan proses KBM dengan melalui pembelajaran aktif, kreatif, inofativ, efektif, menyenangkan dan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)
- Menghasilkan pencapaian standar kelulusan rata-rata 75 untuk semua mata pelajaran termasuk mulok
- Peningkatan prestasi akademik dibuktikan dengan kenaikan rata-rata nilai raport
- Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi siswa yang diasramakan, ditunjukkan dengan kenaikan prosentase penguasaan bahasa inggris dari 25% menjadi 80%.
- Mengoptimalisasi layanan bimbingan dan konseling (BK)
- Memiliki tim karya tulis ilmiah yang berjalan efektif dan meraih juara dalam lomba tingkat kabupaten dan propinsi
- Peningkatan kemampuan siswa dalam olimpiade MIPA dan Bahasa yang berjalan efektif dan dapat meraih juara tingkat kabupaten dan propinsi
- Peningkatan kemampuan siswa dalam bidang prestasi olahraga dan seni yang berjalan efektif dapat meraih juara tingkat kabupaten dan propinsi
- Terwujudnya lingkungan madrasah yang indah, bersih, asri, nyaman dan kondusif untuk KBM
- Terwujudnya hubungan yang harmonis dan dinamis antar warga madrasah dan masyarakat (Stoke Holder)
C. TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan Pendidikan dasar merupakan bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Secara rinci tujuan sekolah/madrasah:
- Menggambarkan tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (empat tahunan);
- Mengacu pada visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan masyarakat;
- Mengacu pada standar kompetensi lulusan yang sudah ditetapkan oleh sekolah/ madrasah dan Pemerintah;
- Mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan termasuk komite sekolah madrasah dan diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah/madrasah;
- Disosialisasikan kepada warga sekolah /madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan.
D. PROFILE MADRASAH
- Nama sekolah : MTs. Fathul Hidayah
- Alamat :
- Jalan : Jl. Imam Bonjol, RT/RW : 01/01
- Desa/Kelurahan : Pangean
- Kecamatan : Maduran
- Kabupaten/Kota : Lamongan
- Propinsi : Jawa Timur
- Kode Pos : 62261
g) Telepon : 0821 4353 1240
h) Email Sekolah : mts.fathulhidayah80@gmail.com
- Status sekolah : Yayasan
- Tegangan / Daya Listrik : 4200
- Data Bank
- Nama Bank : BANK JATIM
- Nama di rekening : MTS FATHUL HIDAYAH
- Nomor rekening : 0282827166
d) NPWP : 00.543.429.5-601.000
- Luas lahan : 6.868 m2
