A. Identitas Diri Madrasah
- Nama Madrasah : MA FATHUL HIDAYAH
- Alamat : Jl.Imam Bonjol RT.01/ RW.01
Desa : Pangean
Kecamatan : Maduran
Kabupaten : Lamongan
Propinsi : Jawa Timur
Kode Pos : 62261
Telp./ HP : 085233737679
2. NSS : 131235240070
3. NPSN : 60730170
4. Nama Yayasan : Yayasan Pondok Pesantren Fathul Hidayah
Nama Ketua Yayasan : ABD. HALIM, MA.
Alamat : RT. 06 RW. 01 Pangean Maduran Lamongan
Desa : Pangean
Kecamatan : Maduran
Kabupaten : Lamongan
Propinsi : Jawa Timur
Kode Pos : 62261
Telp./ HP : 08563479049
5. Akta Notaris : SK. KEMENKUMHAM RI
No: AHU-0015464.AH.01.12.TAHUN 2019
6. Status : TERAKREDITASI A
7. Tahun Didirikan : 1998
8. Tahun Beroperasi : 1998
9. Status Tanah : Hak Milik Sendiri
10. Luas Lahan : 6.868 M2
B. Identitas Kepala Madrasah :
1. Nama Kepala : MOH. ZAINUL ABIDIN, M.Pd.
2. Jenis Kelamin : Laki-laki
3. Tempat dan Tanggal Lahir : Lamongan, 25 Juni 1982
4. Pendidikan : S2. (Manajemen Pendidikan Islam)
5. Alamat Rumah : Jl. Pertanian RT.06/RW.02
Sekaran Lamongan 62261
6. Nomor HP. : 085233737679
C. Sejarah Singkat
Madrasah Aliyah Fathul Hidayah berdiri tahun 1998. Madrasah ini merupakan salah satu lembaga pendidikan di naungan Yayasan Pondok Pesantren Fathul Hidayah yang bertujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang bermoral islam berwawasan IPTEK & IMTAQ serta mewujudkan cita-cita bangsa sekaligus berfungsi dibidang sosial keagamaan dan kemanusiaan.
Madrasah Aliyah Fathul Hidayah terletak di Desa Pangean Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur, yang selalu dipadati oleh para siswa untuk belajar ilmu agama Islam, Animo masyarakat (baik masyarakat Lamongan sendiri maupun masyarakat luar Lamongan) yang ingin mendidik putra-Siswanya di Madrasah Aliyah ini sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya prestasi yang telah diukir oleh Siswa siswi Madrasah ini, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
Walaupun letaknya dipinggir sawah dan jauh dari ibukota kabupaten Lamongan (± 35 km), Madrasah Aliyah ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi Madrasah yang lebih berkualitas dan lebih baik dalam memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat dari apa yang telah dicapai saat ini. Faktor pendukungnya antara lain kondisi sosial masyarakat di Madrasah cukup baik (umumnya berpendidikan dan ekonomi menengah ke atas), keamanan yang terkendali, serta lingkungan tidak tertingggal dari kemajuan IPTEK.
Pimpinan Madrasah sejak tahun berdiri;
No. | Nama Kepala Madrasah | Periode Kepemimpinan |
1. | dr. H. Bambang Susilo | 1998 – 2002 |
2. | Juri Wahananto, M.Pd. | 2002 – 2008 |
3. | H. Nur Hidayat, M.MPd. | 2008 – 2014 |
4. | Khoiri, M.Pd. | 2014 – 2020 |
5. | Moh. Zainul Abidin, M.Pd. | 2020 – Sekarang |
D. Visi MA Fathul Hidayah
Visi Madrasah adalah Menjadi Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Pesantren yang Unggul, Terampil, Berkepribadian Islami, Berwawasan Global, Dan Berjiwa Pemimpin
Indikator ketercapaian Visi Madrasah;
- Berprestasi dalam bidang ilmu Agama, ilmu pengetahuan umum dan teknologi di berbagai kompetisi akademik maupun non akademik tingkat regional dan Nasional.
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki keterampilan sesuai kebutuhan masyarakat (Olahraga, Multimedia dan Tata Busana)
- Terwujudnya peserta didik yang alim, sholeh, kafi dan mendapatkan pengakuan dari lembaga yang berwenang
- Terlaksananya pembiasaan ubudiyyah syariat islam berhaluan ahlussnunnah waljamaah bagi warga Madrasah sesuai dengan akidah yang diajarkan Nahdlatul Ulama’
- Terwujudnya generasi yang bebas minuman keras, obat-obatan terlarang dan narkoba
- Terselenggaranya kegiatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan serta berbasis karakter dan ICT.
- Meningkatknya jumlah lulusan yang diterima di PTN dan antusias siswa dalam studi lanjut ke PTN maupun PTS
- Terwujudnya generasi yang mampu berdakwah di lingkungan Madrasah, keluarga dan masyarakat.
- Terwujudnya organisasi siswa di lingkungan madrasah baik IPNU-IPPNU maupun organisasi kelas.
E. Misi MA Fathul Hidayah
- Menyelenggarakan program khusus meliputi; tahfidz qur’an, alfiyah (baca kitab) dan pendalaman bahasa asing (Inggris-Arab)
- Memberikan pelayanan yang seoptimal mungkin pada peserta didik dalam bidang pendidikan maupun bimbingan dan pelatihan.
- Memberdayakan semua potensi yang ada baik berupa sumber daya manusia, material dan finansial
- Menyelenggarakan program keterampilan yang sesuai kebutuhan peserta didik dan masyarakat (Olahraga, Multimedia dan Tata Busana)
- Menyediakan lingkungan belajar yang religious challenging dan rewarding yang berfokus pada pendidikan yang menyeluruh dan seimbang.
- Melaksankan pembiasaan ubudiyyah syariat Islam berhaluan ahlussnunnah wal jamaah bagi warga Madrasah sesuai dengan akidah yang diajarkan oleh Nahdlatul Ulama’
- Menyediakan fasilitas sistem informasi berbasis IT dan digital dalam penyelenggraan pembelajaran.
- Menjalin kerjasama yang efektif dengan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dengan program studi kampus.
- Melaksanakan kegiatan praktik pengalaman lapangan melalui pengabdian masyarakat dan lembaga-lembaga setingkat SD/MI, SMP/MTs dalam kurun waktu yang ditentukan
F. Tujuan Madrasah
- Terwujudnya prestasi dalam bidang ilmu Agama, ilmu pengetahuan umum dan teknologi di berbagai kompetisi akademik maupun non akademik tingkat regional dan Nasional.
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki keterampilan sesuai kebutuhan masyarakat (Olahraga, Multimedia dan Tata Busana)
- Terwujudnya peserta didik yang alim, sholeh, kafi dan mendapatkan pengakuan dari lembaga yang berwenang
- Terlaksananya pembiasaan ubudiyyah syariat islam berhaluan ahlussnunnah waljamaah bagi warga Madrasah sesuai dengan akidah yang diajarkan Nahdlatul Ulama’
- Terwujudnya generasi yang bebas minuman keras, obat-obatan terlarang dan narkoba
- Terselenggaranya kegiatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan serta berbasis karakter dan ICT.
- Meningkatknya jumlah lulusan yang diterima di PTN dan antusias siswa dalam studi lanjut ke PTN maupun PTS
- Terwujudnya generasi yang mampu berdakwah di lingkungan Madrasah, keluarga dan masyarakat.
- Terwujudnya organisasi siswa di lingkungan madrasah baik IPNU-IPPNU maupun organisasi kelas.
G. Target Madrasah
Target Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022
No | TARGET MADRASAH | UPAYA YANG DILAKUKAN |
1 | Berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional (Olimpiade, KSM, KSN dan Myres) | Melakukan Pembinaan kelas khusus |
2 | Mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai upaya pengembangan diri yang tidak ketinggalan zaman | Menambah muatan keterampilan Multimedia dan teknologi informasi |
3 | Menghafal al-qur’an dengan baik dan benar, mampu membaca kitab dan mahir berbahasa arab dan inggris | Membuka kelas program unggulan (Kelas A: Tahfidz, B. Kitab dan C. Bahasa Inggris) |
4 | Memiliki aqidah islam yang kokoh dan memiliki pemahaman islam yang benar, luas dan mendalam | Pendalaman ilmu agama dan pembiasaan diri dalam ibadah di pesantren |
5 | Melahirkan generasi yang berjiwa interpreunership dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan | Menambah muatan keterampilan Tata Busana dan kegiatan ekstrakurikuler |
6 | Generasi bebas dari penyalahgunaan minuman keras, obat-obatan terlarang dan narkoba | Bekerjasama dengan pihak penegak hukum, atau yang berwanang |
7 | Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan serta berbasis karakter dan ICT | Menambah fasilitas IT dan SDM prndidik yang kompeten |
8 | Dapat diterima di perguruan tinggi pilihan di dalam dan luar negeri | Bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar |
9 | Mampu berorganisasi dan menjadi pemimpin keluarga maupun masyarakat | Mengefektifkan organisasi Siswa dan Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) di kelas XII |
- Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum adalah pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.
Struktur kurikulum MA Fathul Hidayah meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Kompetensi Inti dan kompetensi dasar yang ditetapkan pemerintah secara nasional. Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab sesuai dengan KMA nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah (KI dan KD terlampir), program unggulan pesantren (Tahfidz Al-Qur’an, Alfiyah, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris).
Adapun mata pelajaran umum sesuai dengan Permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang tentang KI dan KD Kurikulum 2013 Jenjang Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah. (KI dan KD Terlampir), dan program keterampilan (Multimedia dan Tata Busana).
